Jumat, 05 Desember 2014

“Kader Teknik Desa Bukan Kader Teknik Biasa”


 
News, Seluma Selatan, Bertempat di kantor Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) dilaksanakan pelatihan Kader Teknik Desa (KTD) sejak tanggal 24 s/d 26 Nopember 2014. KTD yang telah dilatih diharapkan mampu melakasnakan pengawasan kegiatan pembangunan dan membuat perencanaan pembangunan sederhana.
 Pelatihan KTD ini diikuti oleh utusan 8 desa se kecamatan Seluma Selatan, ada 4 desa yang tidak mengirimkan utusan. .Sumberdana pelaksanaan pelatihan KTD berasal dari dana DOK (Dana Operasonal Kegiatan) PNPM MPd Tahun Anggaran 2014 sebesar Rp. 2.460.000. 
 
Peserta antra lain 8 orang dan mewakili dari 8 desa sedangkan 4 desa
Pelaksanaan pelatihan ini ada tiga segmen dalam tiga hari; hari pertama penjelasan materi tentang keteknikan, hari kedua praktek lapangan dengan output yang ingin dicapai antara lain pengawasan pekerjaan dan pembuatan perencanaan pembangunan sederhana dan pada hari ketiga masing-masing kader teknik memperesentasikan hasil dari perencanaaan yang mereka buat.
Pelatihan ini didukung penuh oleh tim Nara sumber yakitu FK,FT,PjOK, dan Fastekab. Kabupaten Seluma
 
 “Saya sangat gembira dan kaget karena ada dua tim Faskab yang berkunjung dan mensuport kegiatan pelatihan pada praktek lapangan yaitu Fastekab Mukhtar ediansyah, ST dan Faskeu Elviana, SE” Menurut Fasilitator Pemberdayaan Kecamatan Seluma Selatan Ando Adam, SPdI.

Acara pelatihan KTD diawali dengan arahan Fastek dan Faskeu tentang cara melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar sehingga tidak pelaksaannya tidak menyimpang dan dapat dipertanggungjawabkan. Kegiatan selanjutnya adalah  praktek lapangan di desa Pasar Seluma. Beberapa dokumen diberikan kepada para Kader Teknis yaitu dokumen SAP, MAP, VAP, lembar Take Of Sheet dan Lembar Sertifikasi serta alat Meteran. Dokumen tersebut akan digunakan untuk mencari data dasar lapangan bahan penyusun perencancan pembuatan RAB dan Desain. Praktek yang dilaksanakan adalah perencanaan pembuatan mini jetty (tambatan perahu).

Masyarakat desa lokasi praktek Desa Pasar Seluma meberikan sambutan yang baik dari para pelaku dilihat dari kehadiran para TPK, Pemerintah Desa dan Masyarakat Sekitar. Menurut bapak sekdes Pasar Seluma mereka sangat gembira kegiatan mereka dapat kunjungan  dari Para peserta Pelatihan Kader Teknik Desa, Tim faskab, dan Tim Kec yang di hadiri juga oleh PjOK seluma selatan setelah ada temu bicara agenda selanjutnya ada dua praktek pengawasan dan perencanaan kemudian bu elviana melakukan auditnya terhadap administrasi TPK.
 
 Seperti kata pepatah satu kali dayung dua tiga pulau terlampaui, praktek lapangan sekaligus supervisi terhadap administrasi TPK yang dilakukan oleh tim faskab. Tehnik supervise ini memberikan contoh yang menjadi pengalaman baru bagi Tim PNPM MPd di Seluma Selatan.
 
Sebagaimana yang di contohkan Fasilitator Keuangan Kabupaten Seluam  Bu Elviana, SE  melakukan supervise sekaligus audit administrasi keuangan TPK telah memberikan informasi adanya selisih pembayaran TPK.  “Temuan ini menjadi masukan bagi kami untuk lebih teliti lagi dalam memvalidasi pembukuan TPK” ujar FK Kecaamtan Seluma Selatan Ando Adam, SPdI..
 
Temuan itu langsung dilakukan cross chek kepada Fastekab Kabupaten Seluma Mukhtar Ediansyah, ST mengenai kualitas bangunan. “Berdasarkan hasil uji fisik kualitas fisik bangunan ini sudah cukup bagus” jelas Fasetekab.
 Pada praktek lapangan ini fastekab memberikan bimbingan lansung kepada KTD mengenai sertifikasi dan melihat kualitas pekerjaan yang mana ini dimulai dari sitem pembangunannya.
 
Perserta pelatihan KTD mempelajari Tehnik desain dan perhitungan dalam penyusunan RAB yang di  fasilitasi oleh  Fasilitator Tehnik (FT) H Juli Richardo, ST. Menurutnya FT pemahaman ini sangat diperlukan untuk menjadi kader teknis yang mandiri, maka setiap perserta harus mampu melakukan perhitungan yang sesuai dengan standar. Untuk lebih mendalam harus praktekan lansung oleh KTD.
Selamat bagi KTD Seluma Selatan dan supaya nanti pembelajaran ini berguna bagi kita semua dan bagi TPK pasar seluma tetap harus menjaga kualitas dan kuantitas yang baik.

Dalam penutup kegiatan, Ando Adam, S.Pd.I “hasil arahan dan bimbingan dari tim FAskab akan kami sosialisasikan untuk mewujudkan pengkaderan yang biak dan berkulitas sehingga memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Selauma Selatan.. “Bangga membangun desa”. (Ando Adam, S.PdI/ H Juli Richardo,ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar