Sabtu, 20 Desember 2014

Pelatihan Pengurus Kelompok SPP: NPL Nol Lanjutkan



News, Kecamatan Semindang Alas (20/12/2014), Pelatihan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dilaksanakan di Kantor UPK Kecamatan Semindang Alas pada tanggal 19 – 20 Desember 2014. Sebanyak 50 kelompok mengikuti pelatihan. Pelatihan dibuka oleh PJOK Kecamatan Semidang Alas, Sukardi. “Kelompok SPP di Kecamatan Semindang Alas sampai dengan saat ini memiliki prestasi yang baik, lancar, tidak ada yang menunggak. Apakah ibu-ibu SPP ini akan melanjutkan prestasi ini?” tanya PJOK pada pembukaan kelompok. “Kami lanjutkan..!” jawab ibu-ibu peserta pelatihan. Ditegaskan kembali oleh PJOK dengan meminta dipertahankan terus hingga menjadi prestasi di tingkat provinsi dan tingkat nasional, sebagai kecamatan yang pengelolaan SPP yang terbaik.

Menurut Ketua UPK, Rekson, ST tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan pengurus kelompok dalam mengelola kelembagaan dan administrasi kelompok Simpan Pinjam Perempuan, sehingga kelompok semakin mandiri. Pelatihan pengurus kelompok SPP ini terdiri dari 2 angkatan. Angkatan pertama 25 kelompok dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2014 terdiri dari Desa Bandar Agung, Pajar Bulan, Petai Kayu, Nanti Agung, Padang Serunai, Gunung mesir dan Telatan.angkatan ke dua terdiri dari 25 kelompok dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2014 yang terdiri dari desa Muara Jauh, Rantau Panjang, Muara Dua, Rampalan, Rena Gajah Mati 1, Rena Gajah Mati 2, Kemang Manis, Kayu Elang, Gunung Migang, Cugung Langu dan Merkarsari Mukti. Jumlah kelompok terbanyak di Desa Pajar Bulan sebanyak 11 kelompok.

Sebagai Nara Sumber pelatihan ini adalah Fasilitator Perguliran dan Pengembangan Usaha (FPPU) Kabupaten Seluma Anton Sutrisno, SP. MSi. “Program PNPM punya cita-cita yang mulia, yaitu untuk mengentaskan kemiskinan, untuk memutus rantai kemiskinan dapat dilakukan dengan cara menyekolahkan anak kita setinggi-tingginya. Melalui usaha Simpan Pinjam SPP ini bersama-sama kita wujudkan cita-cita itu.” tegas Anton di hadapan ibu-ibu peserta pelatihan selaku FPPU.

Materi yang dibahas dalam pelatihan ini adalah penyusunan AD / ART Kelompok, Adminitrasi kelompok, administrasi keuangan kelompok, seperti buku kas kelompok dan pengisian kartu kredit kelompok. Materi ini disampaikan oleh pengurus UPK secara bersama bertiga memberikan bimbingan praktek pengisian pembukuan. Pada kesempatan ini Fasilitator Kecamatan Bruma Lautayu, SE. memberikan materi tentang rencana usaha kelompok. Bahwa kelompok harus diharapkan punya double pendapatan, yaitu berasal dari kegiatan usaha pribadi rumah tangga dan usaha kelompok.

Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah pertemuan rutin dikelompok sebagai sarana pembinaan UPK kepada kelompok Simpan Pinjam Perempuan. Diharapkan pada tahun yang akan datang dapat terbentuk kelompok yang mandiri dan maju. Bangga membangun Desa. (Bruma Lautayu, SE dan Nugroho Purwantoro, Amd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar