Selasa, 30 Desember 2014

Karya Terbaik Persembahan Terakhir


Tais, 30 Desember 2014. Pertemuan dengan Tim Cerdas hari ini yang terdiri dari FK Seluma Timur dan Ulu Talo, UPK dan BKAD Air Priukan dan Ulu Talo, untuk memantapkan kembali AD ART BKAD, SOP Perguliran dan SOP kelembagaan lainnya, saya awali dengan sebuah cerita:

Ada sebuah perusahaan kontraktor, dia memiliki tukang yang handal dan telah lama berkerja di perusahaanya, tapi akan memasuki masa pensiun. Sang Direktur memanggil kedua tukang tersebut.
"Bapak tukang yang baik, bapak telah banyak berjasa, sebelum bapak pensiun saya punya permintaan, tolong saya buatkan rumah yang terbaik yang bapak bisa bangun, berapapun biayanya saya akan penuhi" demikian kata pak Direktur.
 

Tukang yang pertama berfikiran bahwa tugasnya toh akan berakhir, dia membangun rumah dengan biasa saja. Yang dia pikirkan akan segera selesai dan kembali ke keluarganya, selanjutnya melakukan usaha lain yang dapat di kerjakan di usia tua.
sedangkan tukang yang kedua, dia mencurahkan pemikirannya, dia merasa inilah karya terakhirnya. dia ingin membangun rumah yang sebaik-baiknya, yang belum pernah dibangun sebelumnya.
 

Setelah sampai waktu yang ditentukan selesai kedua tukang tersebut menyerahkan kunci rumah tersebut kepada direktur, dan minta untuk diperiksa hasil karyanya. Sang direktur puas terhadap hasil karya keduanya.
 

Sang Direktur berkata" Saya bangga terhadap kalian berdua, telah banyak jasa yang diberikan kepada perusahaan. Saya tidak dapat meberikan apa-apa untuk membalas jasa kalian. Sebagai ungkapan rasa terima kasih saya, saya berikan rumah yang telah ada bangun sebagi hadiah dari saya." Kunci dikembalikan kembali kepada masing-masing tukang, bersalaman dan berpelukan.
 

Kedua tukang menangis, tukang pertama menyesal, mengapa tidak aku buat yang terbaik, tukang kedua terharu, bahagia.

Salam Pemberdayaan dari saya. Mohon maaf atas kesalahan dan kehilafan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar