Jumat, 28 November 2014

Surat Perjanjian Keredit Menjadi Alat Membangun Komitmen yang Baik

“News” Seluma, Seluma Selatan, Tanjung Seluai (11/11/14).  Pertemuan SPP Perguliran di Rumah Ketua kelompok SPP Desa Tanjung Seluai 11 November 2014,  yang mana di hadiri oleh pengurus dan anggota kelompok “Mawar”, sebagai penyalur adalah UPK dan di dampingi oleh Fasilitator Pemberdayaan Kec. Seluma Selatan.
Kelompok SPP (Simpan Pinjam Perempuan) Mawar sudah lama mengajukan pinjaman dana bergulir kepada UPK sejak bulan Juni 2014 lalu, namun dikarenakan ada tahapan yang harus dilewati barulah bulan november bisa disalurkan.

Penyaluran ini dilaksanakan setelah menjalani tahapan Pembahasan Awal, Kunjungan lapangan, pembahasan akhir dan penetapan pemutus pinjaman,  setelah semua tahapan selesai maka UPK nenerbitkan Surat Perjanjian Kredit yang di lampirkan jadwal angsuran perbulan.

Semua anggota kelompok hadir dengan disaksikan oleh unsur pemerintah desa. Sedangkan pengambilan uang pinjaman ini tidak bisa di wakilkan oleh orang lain.
Surat Perjanjian Kredit menjadi alat bagi UPK memantau komitmen pengembalian dan menyusun rencana pertemuan dan hal-hal yang diperlukan dalam pembinaan dan pengembangan seperti membangun kelembagaan kelompok. Sehingga kelompok dapat berkembang dengan sendirinya, dan Kelompok SPP bisa menumbuhkan kemajuan dalam usaha kemasyarakatan. (Ando Adam,S.Pd.I/H.July Richardo,ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar