Kamis, 13 November 2014

PEMERINTAH, MASYARAKAT DAN PNPM-Mandiri Perdesaan SELUMA PEDULI PENDIDIKAN

NEWS. Seluma, Semidang Alas. Warga Desa Bandung Agung Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma
 (12/11/2014), kini tidak pelu repot dan berpikir jauh untuk mendidik anaknya untuk mengikuti pendidikan pra sekolah. Sebab, dengan program PNPM-MPd Tahun Anggaran 2014, desa Bandung Agung mendapat alokasi dana sebesar    Rp. 196.670.000,- untuk pembangunan Gedung PAUD/TK dengan volume fisik 6 x 10  meter, namun tidak termasuk dengan sarana dan prasarana bermain anak didik  dan pagar pengakuan FT Kecamatan Semidang Alas (Nugroho Purwanto, AMd).  Lebih lanjut Nugroho pun menuturkan bahwa gedung PAUD ini telah dilakukan serah terima kepada masyarakat melalui Musyawarah Serah Terima Desa (MDST) pada tanggal 10 Oktober 2014, dan kini  telah memiliki murid sebanyak 32 orang yaitu 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Bahwa untuk pagar dan peralatan permainan anak-anak adalah bantuaan/swadaya masyarakat desa Bandung Agung.
Hal senada juga diungkapkan oleh Jaya Pendamping Lokal (PL) dan Setrawan kecamatan Semidang Alas kepada Spi- IEC dan Fastekab Seluma (Mukhtar Ediansyah, ST) sewaktu monitoring melihat Gedung PAUD ke desa Bandung Agung. Karena dana tidak mecukupi akibat pelaksanaan kebijakan pemotongan dana oleh pemerintah sebsar 11,8 % kemarin pengakuan Mukhtar Ediansyah. Dari sisi hasil pekerjaan bahwa pembangunan Gedung PAUD telah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan desain yang telah diperiksa sejak awal.

Demikian juga dengan pembangunan gedung PAUD di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan yang berukuran 12 x 7,5  meter, dengan dana sebesar Rp. 279 juta lebih lengkap dengan sarana dan prasaran pendukung dan pagar, dilakukan serah terima oleh Ketua TPK kepada masyarakat melalui Musyawarah Serah Terima Desa (MDST) 12 November 2014 menjadi kebanggaan bagi warga Padang Rambun, dan mengundang Camat Kecamatan Seluma Selatan (Akmaluddin, SPd) atas nama untuk meresmikan operasionalnya langsung setalah MDST dihadiri para wali murid, masyarakat dan Tim Faskab PNPM-MPd.
Pada pengarahannya Akmaluddin, SPd, mengucapkan terima kasih kepada PNPM-MPd, karena dengan program PNPM-MPd Gedung PAUD Kelurahan Padang Rambun. Berkat dukungan dan partifasi masyarakat gedung PAUD ini berdiri kokoh dan megah.
Lebih lanjut camat berharap kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan dan memelihara gedung PAUD Padang Rambun dengan baik. Peresmian pemakaian ditandai gedung dengan penandatangan prasasti dan  penguntingan pita oleh Camat dan foto bersama para murid dan Guru PAUD Padang Rambun. Namun disisi lain dalam peresmian Gedung PAUD Karang Rambun ada sisi yang unik dan menarik, yaitu sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa oleh masyarakat, wali murid dan dewan guru dilakukan pemotongan Tumpeng oleh Camat Kecamatan Seluma Selatan.
Sebelumnya Thomas Alpa Edison (Faskab PNPM-MPd) dalam sambutannya menjelaskan kepada masyarakat Padang Rambun bahwa, PNPM-MPd hadir ditengah masyarakat adalah untuk menjawab permsalahan yang terjadi dimasyarakat, dan salah satunya adalah masalah pendidikan disamping masalah lain yang terkait dengan pengentasan kemiskinan, penekanan pada keberlanjutan fasilitas infrastruktur dasar perdesaan yang telah dibangun harus dimanfaatkan dan dilestraikan/dipelihara oleh masyarakat sediri. Kepada seluruh pelaku, tokoh dan masyarakat kami menghaturkan terima kasih, karena gedung PAUD yang dibangun kualitasnya sangat bagus. Dan kepada pihak pengelola sekolah agar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan) untuk menentukan status/akreditasi sekolah selaku wadah pendidikan anak usia dini (prasekolah) di Kabupaten Seluma.
Sebab, menurut pengakuan Ando Adam, Spdi (Fasilitator Kecamatan Seluma Selatan) bahwa masyarakat sudah 10 tahun warga masyarakat Padang Rambun menunggu kehadiran Gedung PAUD baru menjadi kenyataan pada Tahun 2014 melalui PNPM-MPd. 
Dengan kgiatan MDST dan peresmian PAUD ini saya merasa bangga dan terharu. BANGGA MEMBANGUN DESA. (Aria Candra, SH-Spi IEC dan Anton Sutrisno SP, PPU Seluma).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar